Widget HTML #1

Mengapa Banyak Orang Tua Sekarang Tertarik dengan Kurikulum Cambridge

Tidak dapat dipungkiri bahwa sekarang banyak orang tua, terlebih di kota besar, yang tertarik dengan kurikulum Cambridge. 

Hal ini tak lepas dari semakin populernya kurikulum Cambridge. Banyak sekolah swasta baru yang mengadopsi kurikulum Cambridge sebagai pedoman dalam pembelajarannya. 

Kenapa Tertarik dengan Kurikulum Cambridge?

kenapa Kurikulum Cambridge semakin populer?
kenapa Kurikulum Cambridge semakin populer?

Lantas apa saja faktor-faktor yang membuat orang tua tertarik dengan kurikulum Cambridge? Berikut jawaban yang bisa kami temukan: 

  1. Bahasa Inggris. Sudah bukan rahasia lagi orang tua jaman sekarang sudah banyak yang sadar pentingnya Bahasa Inggris. Untuk itu, mereka ingin mencari sekolah yang bisa membantu siswa menguasai Bahasa Inggris dengan baik. 
  2. Prestis. Inilah faktor selanjutnya yang mungkin kurang disadari. Orang tua dengan status kekayaan tertentu ingin mencari sekolah yang bisa menyokong prestis keluarganya. 
  3. FOMO. Masyarakat kita dekat sekali dengan karakter FOMO atau fear of missing out alias ikut-ikutan. Jenis ini adalah faktor yang membuat masyarakat semata-mata ingin ikut trend saja. 
  4. Level internasional. Cambridge adalah salah satu universitas terbaik di dunia dan dengan menggunakan kurikulum dari institusi ini, orang tua setidaknya merasa yakin dengan pembelajaran yang ada karena lebih jelas, terarah dan memiliki reputasi internasional. 
  5. Sesuai dengan tantangan jaman. Jika ada orang tua yang tertarik dengan kurikulum Cambridge karena sadar kurikulum ini mampu mengembangkan potensi siswa dan memberikan skill abad 21 yang memang mereka butuhkan, maka inilah jenis orang tua yang benar-benar memahami isi dari kurikulum Cambridge. 

Saran: Jangan FOMO

Sebaiknya orang tua jangan FOMO begitu saja dengan menjamurnya sekolah-sekolah swasta yang menawarkan kurikulum Cambridge dalam brosurnya. Sekali lagi, ada baiknya orang tua juga memahami apa itu kurikulum Cambridge dan bagaimana penerapan serta benefitnya bagi peserta didik. 

Beberapa hal yang wajib untuk dilakukan oleh orang tua setelah memahami dan merasa cocok dengan kurikulum Cambridge adalah dengan melakukan observasi dan riset

Lakukan observasi dengan mendatangi calon sekolah. Tanyailah pihak sekolah dan minta mereka untuk menjelaskan apa itu kurikulum Cambridge sejelas-jelasnya dan selengkap-lengkapnya. 

Jangan sampai kurikulum Cambridge hanya sebagai label untuk bisa menarik calon siswa. Jika ini yang terjadi maka bisa jadi itu hanyalah bentuk lain dari jebakan marketing. 

Hal kedua adalah riset. Ketahui histori sekolah, posisi dan prestasi sekolah dalam waktu setidaknya 4-5 tahun terakhir. Benarkah mayoritas siswanya sudah fasih Bahasa Inggris? Bagaimana guru-gurunya, apakagh selalu gonta-ganti setiap tahun? Bagaimana kebijakan sekolah, termasuk hubungannya dengan alumni, orang tua dan pemerintah (dinas)? Bagaimana akreditasnya? Khusus untuk hasil akreditasi sekolah, bisa dilihat secara langsung di web. Ketahui caranya di cara cepat mengetahui akreditasi sekolah

Guritno Adi
Guritno Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

2 komentar untuk "Mengapa Banyak Orang Tua Sekarang Tertarik dengan Kurikulum Cambridge"

Bambang Irwanto 19 September 2024 pukul 07.44 Hapus Komentar
Saya dua minggu lalu ikut webinar sinotif tentang kurikulum cambridge Primari, Mas. Jadi ini bagusnya karena disesuaikan dengan minat dan bakat setiap siswa. Penilaiannya bukan pada nilai akhir, tapi proses belajarnya.
Maria G Soemitro 19 September 2024 pukul 11.17 Hapus Komentar
Betul, banyak banget ortu yang FOMO
bahkan mungkin sejak awal diberlakukan UAN dan muncul istilah sekolah favorit
Seolah sekolah unggulan adalah segalanya
Kurikulum Cambridge ini emang bagus, karena itu banyak yang latah memasang banner sekolahnya dengan embel-embel kurikulum Cambridge